MATERI KURIKULUM TAHSIN
MARHALAH I’DADY
Bulan | Minggu | Materi tahsin | Surat tahsin | Indikator kompetensi |
1 | I | Tadribaatul huruf (ا dan ب ) dan pengenalan tajwid, nun mati dan tanwin secara umum | JUZ 30 (Untuk surat yang di tahsin dipilih oleh pembimbingnya masing-masing) | · Mampu mengucapkan tadribaatul huruf ( ا sampai د) dengan baik dan benar · Mampu menyebutkan hukum nun mati dan tanwin satu persatu. |
II | Tadribaatul huruf ( ت dan ث ) dan pengenalan Idzhar | |||
III | Tadribaatul huruf ( ج dan ح ) dan pengenalan Idgom | |||
IV | Tadribaatul huruf ( خ dan د ) dan pengenalan Iqlab dan Ikhfa | |||
| | | | |
2 | I | Tadribaatul huruf ( ذ dan ر ) dan Definisi idzhar dan huruf-hurufnya | · Mampu mengucapkan t adribaatul huruf(ذsampai ط ) dengan baik dan benar · Memahami Idzhar, huruf-hurufnya dan aflikasi contoh-contohnya | |
II | Tadribaatul huruf (ز dan س ) dan contoh-contoh idzhar dan aflikasinya | |||
III | Tadribaatul huruf (ش danص )dan contoh-contoh idzhar dan aflikasinya | |||
IV | Tadribaatul huruf(ض danط) dan Evaluasi, atau pemantapan materi | |||
| | | | |
3 | I | Tadribaatul huruf(ظ dan ع) dan Definisi idgom dan pembagiannya | · Mampu mengucapkan tadribaatul huruf( ظ sampai م) dengan baik dan benar · Memahami Idghom, huruf-hurufnya dan contoh-contohnya · Dapat membedakan Idghom Bigunnah dan Bilagunnah | |
II | Tadribaatul huruf(غ dan ف ) dan huruf-huruf idgom contohnya | |||
III | Tadribaatul huruf(ق dan ك ) aflikasi contoh-contoh idgom Bigunnah dan Bilagunnah | |||
IV | Tadribaatul huruf(ل dan م) dan Evaluasi, atau pemantapan materi | |||
| | | | |
4 | I | Tadribaatul huruf(ن dan و) dan Definisi iqlab, contoh dan aflikasinya | · Mampu mengucapkan tadribaatul huruf(ن sampai ي) dengan baik dan benar · Mampu menguasai Iqlab, Ikhfa dan contoh aflikasinya | |
II | Tadribaatul huruf(ه dan ي ), Definisi ikhfa dan huruf-hurufnya | |||
III | Muroja’ah Tadribaatul huruf dan contoh-contoh ikhfa | |||
IV | Muroja’ah Tadribaatul huruf dan Evaluasi, atau pemantapan materi | |||
5 | I | Muroja’ah tadribatul huruf dan aflikasi contoh-contoh ikhfa | · Mampu mengucapkan (mengulang) kembali tadribaatul huruf dengan Lancar · Mampu menguasai huruf-huruf ikhfa dan contoh-contoh afliksinya | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan | |||
IV | Muraja’ah tadribatul huruf dan Evaluasi materi | |||
6 | I | Pemantapan Tadribaatul huruf dari اsampai ي | · Menguasai tadribaatul huruf dari ( اsampai ي ) dengan baik dan benar · Menguasi materi Hukum nun mati dan tanwin · Mampu mengaflikasikan contoh-contoh nun mati dan tanwin | |
II | Pemantapan materi idzhar dan Idgom | |||
III | Pemantapan materi Iqlab dan Ikhfa | |||
IV | UAS |
MARHALAH IBTIDA’I
1 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pengenalan Makhorijul huruf secara umum | JUZ 29 (Untuk surat yang di tahsin dipilih oleh pembimbingnya masing-masing) | · Mampu mengulang kembali tadribaat huruf-huruf hijaiyah dengan baik &benar · Mengenal makhorijul secara umum · Menguasai ikhfa syafawi& idgom mitslain dan contoh-contohnya. |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf dan Mim mati( Ikhfa syafawi dan Idgom Mitslain) | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf dan Aflikasi contoh-contoh Ikhfa syafawi dan Idgom Mitslain | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
2 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf dan Aljauf | · Mampu mengulang makhroj huruf dengan baik dan benar · Menguasai materi Aljauf dengan baik · Menguasai materi idzhar syafawi | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf dan Idzhar syafawi | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf dan aflikasi contoh-contoh idzhar syafawi | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
3 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & halaq dan pembagiannya | · Mampu mengulang makhroj huruf dengan baik & benar · Mampu menguasai materi makhroj halaq · Mampu menguasai materi gunnah | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & mim nun bertasdid (gunnah) | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & aplikasi contoh-contoh huruf halaq dan gunnah | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
4 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & makhroj syafatain | · Mampu mengualang huruf hijaiyah · Mampu menguasai materi syafatain | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & makhroj khoisyum | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & contoh-contoh aplikasi makhroj khoisyum | · Mampu menguasai makhroj khoisyum | ||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
5 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & alif lam qomariah serta huruf-hurufnya | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan baik & benar · Mampu menguasai materi ال قمرية&ال شمسية | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & alif lam syamsiyah serta huruf-hurufnya | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & aplikasi contoh-contoh alif lam qomariah serta alif lam syamsiyah | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
6 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & evaluasi makhorijul huruf (aljauf, halaq, syafatain, khoisyum | · Menguasai tadribaatul huruf dari ( اsampai ي ) dengan baik dan benar · Menguasi materi Hukum nun mati dan tanwin · Mampu mengaflikasikan contoh—contoh nun mati dan tanwin | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & evaluasi hukum mim mati (ikhfa syafawi, idgom mislain, idhar syafawi) | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & evaluai alif lam serta gunnah | |||
IV | UAS |
MARHALAH WUSTHO
1 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pengenalan mad secara umum dan huruf-huruf mad | JUZ 28 (Untuk surat yang di tahsin dipilih oleh pembimbingnya masing-masing) | · Mampu mengucapkan huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasai materi mad thobi’I & mad badal |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pengenalan mad asli dan pembagiannya secara umum (Mad Thabi’I, badal,’iwad,tamkin,silah qosiroh) | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf dan penjelasa Mad Thabi’i dan mad badal dengan contoh pengucapannya | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
2 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf dan penjelasan mad ‘Iwad dan mad tamkin dengan contoh-contoh pengucapannya | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan tepat · Mampu menguasai materi mad iwadh,tamkin,& mad far’I bagian A | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf dan penjelasan mad silah qosiroh dengan contoh pengucapannya | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf dan mad far’I bagian A (Mad wajib Muttasil, Munfashil, dan Shilah thawilahdengan contoh-contoh pengucapannya | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
3 | I | Muroja’ah tadribaatul hurup dan Mad far’I bagian B (Mad farqi& contoh latihan pengucapannya) | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasi mad f ar’I bagian B(mad farqi ,mad lazim mukhoffaf & mutsaqol kalimi · Menguasi materi mad lazim mutsaqol & mukhoffaf harfi | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf dan mad lajim mukhofaf Kalimi& Mutsaqol Kalimi dengan contoh pengucapan dan huruf-hurufnya | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf dan mad lajim Mukhofaf harfi & Mutsaqol harfi dengan contoh pengucapannya | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi( Evaluasi) | |||
4 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & Mad Far’I bagian C (Mad ‘arid lissukun dan Mad liin) | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasai materi mad far’I bagian B · Menguasai materi makhroj wasthul lisan & haffatullisan | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & makhroj aqshol lisan | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & makhroj wasthul lisan dan hafatal lisan | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan evaluasi | |||
5 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & makhroj adnal lisan ( ل ) | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasi materi makhroj adnal lisan | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & makhroj adnal lisan(ن) | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & adnal lisan(ر) | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan Evaluasi materi | |||
6 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & evaluasi Mad | · Menguasai materi mad & mengaflikasikannya dengan benar · Menguasai makhroj lisan(aqshollisan,wasthullisan,adnallisan) | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & evalluasi Mad | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & evaluasi makhroj al lisan( Aqshol lisan, Wasthul lisan, dan Adnal lisan | |||
IV | UAS |
MARHALAH ‘ALY
1 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf | JUZ 26 (Untuk surat yang di tahsin dipilih oleh pembimbingnya masing-masing) | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasi materi thorfullisan |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf dan materi thorpul lisan (ط – د – (ت ( ث- ذ – ظ) (ص)- - س - ز ) | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf dan Aplikasi pengucapan huruf-huruf lisan | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
2 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf dan idgom mutamatsilain serta conto-contonya | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasai materi idghom mislain,idghom mutajanisain,idghom mutaqoribain | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf dan idgom mutajanisain serta contoh-contohnya | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf dan idgom mutaqoribain dengan contohnya | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
3 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & pengenalan tafhim, tarqiq,huruf-huruf isti’la | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasi materi tafhim & tarqiq ر & الله | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & tafhim, tarqiq huruf (ر) dan lafad الله | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & aplikasi contoh-contoh tafhim dan tarqiq | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan pemantapan materi | |||
4 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & istilah istilah dalam al-quran(سجدة) dan pembahasan serta doa yang di baca | · Mampu mengulang huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasai istilah –istilah al-qur’an | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & ,سكتة اشمام ,امالة(pengenalan dan cara pengucapan) | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & تسهيل,نقل,نون الوقاية (pengenalan dan cara pengucapan) | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan الصفرالمستدير, الصفر المستطيل القا ئم (pengenalan dan cara pengucapan) | |||
5 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & pengenalan waqof dan pembagiannya (ikhtibaari disertai contoh aplikasinya) | · Mampu mengucapkan huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasai materi waqof dengan benar | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & intizhari disertai contoh aplikasinya | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & idhthirari disertai contoh dan aplikasinya | |||
IV | Muroja’ah tadribaatul huruf dan ikhtiyari disertai contoh dan aplikasinya | |||
6 | I | Muroja’ah tadribaatul huruf & pemantapan materi lisan dan idghom | · Mengucapkan huruf-huruf hijaiyah dengan tepat · Menguasai materi thorfullisan · Menguasai materi mim mati · Menguasai materi tafhim/ tarqiq · Menguasi istilah-istilah dalam al-qur’an | |
II | Muroja’ah tadribaatul huruf & pemantapan materi tafhim, tarqiq dan istilah-istilah dalam al-quran | |||
III | Muroja’ah tadribaatul huruf & pemantapan latihan pengucapan istilah-istilah dalam al-quran | |||
IV | UAS |
jazakumullah ustadz.. ijin buat rujukan mengaajr njih..
BalasHapus